SEKILAS INFO
: - Minggu, 16-12-2018
  • 8 bulan yang lalu / Sedang berlangsung USBN Kelas XII dan PAT Kelas XI mulai tanggal 18 – 28 Maret 2018. Semoga Sukses.

Beberapa kasus terkahir yang berkaitan dengan “guru” yang mendapat perlakuan tidak manusiawi mencuat kepermukaan. Bahkan seorang guru muda bernama Ahmad Budi Cahyono (alm) terpaksa meregang nyawa oleh kekerasan yang dilakukan anak didiknya sendiri, yang setiap hari dia didik. Belum lagi kasus lainnya menyusul kekerasan terjadi pada seorang kepala sekolah, yang disiksa oleh orang tua siswa. Miris….

Belakangan ini beredar meme yang berisi foto-foto siswa dengan kelakuan yang kurang pantas, merokok, menunjukkan kekerasan, pergaulan yang tidak pantas (amoral) dengan rekannya dan lain-lain dengan tulisan yang menggelitik, “Maaf nak gurumu tak akan menegurmu, karena takut oleh HAM, takut disiksa dan takut di bunuh”.

Betapalah seorang guru sulit sekali menentukan sikap sebagai seorang yang seharusnya menjadi pengontrol dan pemandu jalan kebaikan bagi masyarakat “siswa”. Sitem sosial yang ada memaksa guru memilih sikap apatis. Bagai makan buah simalakama, di telan pahitnya tiada terkira, tak dimakan nasib perut kian tak menentu. Membiarkan segala kemerosotan moral adalah mengabaikan tanggung jawab, namun bila menegakkan pembinaan kiranya harus berhadapan dengan respon masyarakat yang cenderung mebahayakan.

Guru, menjadi profesi yang begitu berbahaya belakangan ini, menjadi cibiran bila anak tak berakhlak, menjadi korban bila membina anak dengan baik. Belum ada solusi….

….dari balik meja seorang guru…..

Oleh. Tata S.Pamungkas

TINGGALKAN KOMENTAR

Komentar Terbaru

    Laman